Minggu, 23 Desember 2012

GATOT DI POLONIA

 http://gatotpujonugroho.com/gatot-sidak-bandara-polonia-layani-pemudik-natal/

Gatot Sidak Bandara Polonia Layani Pemudik Natal

  December 24, 2012 
MEDAN - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho ST mengatakan, Provinsi Sumut siap dalam melayani musim angkutan mudik Natal 2012 dan Tahun Baru 2013. Diprediksi jumlah penumpang angkutan darat naik 5% dari musim tahun sebelumnya, angkutan udara sekitar 15% dan demikian juga angkutan laut yang juga diprediksi meningkat.

Kesiapan tersebut, sebut Gatot, ditunjukkan dengan penyediaan penambahan kapasitas seat (tempat duduk), baik untuk jalur angkutan darat, udara maupun laut.
Kesiapan juga diikuti dengan penyediaan layanan pusat informasi, pendirian posko dan pengamanan kelancaran transportasi oleh Dinas Perhubungan (Dishub) bekerja sama dengan Satlantas Poldasu dan Jasa Raharja.

“Secara umum, Sumut siap menghadapi arus mudik Natal dan Tahun Baru,” kata Gatot didampingi Kadis Perhubungan (Kadishub) Sumut Anthony Siahaan SE ATd MT dan Plt GM Angkasa Pura II (Persero) S Samiaji SKom, usai meninjau kesiapan layanan Bandara Polonia Medan, Minggu (23/12).

Sebelumnya Kadishub Sumut Anthony Siahaan SE ATd MT memaparkan, pihaknya menambah seat untuk angkutan darat, termasuk kereta api, sekitar sekitar 70.000 per hari sejak seminggu sebelum Natal kemarin. Kemudian untuk angkutan laut, juga ada penambahan 5.000 seat.
Demikian juga menurut Plt GM Angkasa Pura II S Samiaji SKom, seat untuk angkutan udara sudah disiapkan melalui koordinasi dengan maskapai penerbangan. “Dan kita sudah mendirikan posko angkutan Natal dan Tahun Baru,” katanya.

Kemudian selain tambahan seat, menurut Gatot bahwa kesiapan itu juga ditandai dengan penyediaan layanan prima, pusat informasi, pengamanan dan pengawasan dan lainnya.
Dengan demikian, ujarnya, pihaknya berharap para penumpang diharapkan dapat menikmati perjalanan dan merayakan Natal dan Tahun Baru dengan suka cita.

Sebelumnya pada peninjauan di Bandara Polonia itu, Gatot memeriksa sarana dan prasana Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru Angkasa Pura II, yang ditempatkan di bagian tengah bandara.
Di posko yang diperlengkapi dengan sejumlah peralatan siaga pengontrolan dan pengamanan serta penyediaan layanan informasi penumpang itu, Gatot menghimbau agar para petugas bekerja melayani penumpang.

“Jangan tunggu bolalah, jemput bolahlah, kejar mereka, tanya apa yang bisa dibantu,” ujar Gatot kepada Plt GM Angkasa Pura II dan kepada Kadishub Sumut.
Gatot juga meninjau terminal kedatangan dan keberangkatan. Di terminal keberangkatan, Gatot mengecek loket pemesanan tiket dan berbincang kepada beberapa orang calon penumpang serta kesiapan petugas bandara.

Kemudian di terminal kedatangan, Gatot juga mengecek kesiapan pelayanan, mulai dari kedatangan penumpang, pengambilan barang bagasi hingga kondisi taksi bandara dan pengamanan. Menurut Gatot, kesan keramatamahan Medan dan Sumut melalui pintu gerbang bandara, harus ditunjukkan.

Secara umum, katanya, Bandara Polonia cukup siap dan lancar dalam melayani arus mudik. Begitupun dia meminta agar pelayanan prima kepada penumpang tetap dikedepankan. Gatot pun menyampaikan apresiasi kepada otoritas bandara karena mampu mamanajemen operasional di tengah padatnya aktivitas bandara.
“Hingga September, terdapat 8 juta penumpang yang pulang pergi di bandara ini. Angka ini tentu tidak sebanding lagi dengan kondisi sarana dan prasarana yang ada,” sebutnya.

Untuk itu, tambahnya, dia berharap agar pemanajemenan operasional di Natal dan Tahun Baru terus dintensifkan. “Dan bilamana Maret 2013 nanti Bandara Kuala Namu beroperasi dengan kapasitas penumpang hingga 10 juta, tentunya Sumut lebih siap melayani penumpang ke depan,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar