Sabtu, 22 Desember 2012

Gatot Serahkan 262 Rumah Aladin di Tebing Tinggi

haddad habibie December 18, 2012
TEBINGTINGGI - Pelaksana tugas Gubernur Sumatera Utara (Plt Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho ST resmi menyerahkan 262 rumah tak layak huni yang sudah direnovasi pemerintah menjadi rumah sehat dan nyaman. 262 unit rumah itu memperoleh bantuan renovasi atap lantai dan dinding (Aladin).

Penyerahan 262 rumah program aladin ini dilakukan Gatot di Tebing Tinggi, Minggu (16/12). Secara simbolis Plt Gubernur Sumatera Utara menyerahkan kunci kepada tiga warga Ismail, Junaidi dan Aisyah di Jalan Intan Kelurahan, Pabatu Kecamatan Padang Hulu.

Saat menyerahkan rumah, Gatot berharap  rumah hasil renovasi yang lebih sejuk dan layak huni itu dapat menjadi tempat pertama mendidik anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.
“Jadikan rumah ini rumah sekolah pertama bagi anak-anak karena rumah adalah sekolah pertama bagi suatu generasi,” ujarnya.

Walikota Tebing Tinggi, Umar Zunadi Hasibuan menjelaskan, ada sekitar 262 unit bedah rumah yang telah rampung sejak 28 Oktober 2012 yang lalu. Program bedah rumah aladin ini 187  unit diantaranya dibiayai Pemrov Sumut sedangkan 75 unit sisanya dibantu APBD Tebing Tinggi melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja.

“Kita bekerja sama dengan KNPI dan Brimob, dan melibatkan unsur pemuda untuk merenovasi rumah ini. Peresmian rumah sudah lama kita menungu kehadiran pak Gubernur namun karena bapak menunaikan ibadah haji baru hari ini kita resmikan,” tutur Umar.
Umar melanjutkan, program bedah rumah ini rencananya akan rutin dilakuakan sebab saat ini di Tebing Tinggi masih ada 3.243 unit rumah tidak layak huni yang perlu mendapatkan perhatian.

“Kami harapkan tahun depan bantuan provsu untuk rumah tidak layak huni dapat berlanjut, untuk menuntaskan yang 3.243 lagi dibutuhkan dana yang cukup besar. Kami menyadari APBD kami tidak mencukupi sehingga butuh sinergitas dengan Pemrovsu supaya di tahun 2016 tidak ada lagi rumah tidak layak huni di Tebing Tinggi,” harap Umar.

Mengenai jumlah penduduk miskin di Pemko Tebing Tinggi, lanjut Umar,  ada sekitar 7.092  Selain lewat raskin, untuk program membantu perekonomian rakyat, Pemko Tebing Tinggi telah meluncurkan bantuan bibit ternak sapi, bibit ikan, bibit tanaman dan bibit buah-buahan. Pemko mengiringi bantuan ini dengan pelatihan-pelatihan.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Tebing Tinggi Hasnuddin dalam laporannya menyampaikan,  program bedah rumah telah mereka gelar di lima kecamatan. Bantuan renovasi rumah layak huni dilakukan  dengan skala prioritas agar tepat sasaran dan adil.

Di samping penyerahan secara simbolis terhadap rumah layak huni juga penyerahan simbolih beras raskin kepada lima orang dari lima kecamatan yakni, Hasan Damanik  dari kecamatan Padang Hulu, Salamah dari kecamatan Padang Hilir Heri Gunawan dari kecamatan Rambutan, Syahri Nasution dari kecamatan Tebing Tinggi Kota dan Surya Efenddi dari kecamatan Bajenis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar