Minggu, 23 Desember 2012

JALUR DARAT

 http://gatotpujonugroho.com/warga-sei-berombang-akhirnya-bisa-nikmati-jalur-darat/

Warga Sei Berombang Akhirnya Bisa Nikmati Jalur Darat

December 24, 2012
RANTAUPRAPAT – Ribuan warga Sungai Berombang tak dapat menutupi rasa bahagianya. Setelah bertahun-tahun lebih banyak menggunakan jalur laut untuk aktifitas sehari-hari akhirnya jelang akhir 2012, mereka bisa menikmati jalur darat. Adanya jalur darat yang lebih baik diharap bisa membuat roda perekonomian di wilayah ini menggeliat.
 
Penggunaan jalur darat tersebut diresmikan oleh Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara (Plt Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho, Sabtu (22/12). Di depan 6.000 warga Labuhan Batu, Gatot  meresmikan penggunaan jalan Sei Rakyat – Sei Berombang sepanjang 24 km yang baru selesai pengerasaanya Desember 2012 ini. Jalan yang menghubungkan ke tiga kecamatan itu (Kecamatan Panai Hulu, Panai Tengah Dan Kecamatan Panai Hilir) dikerjakan sebanyak  dua tahap.
Dalam sambutannya, Plt Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST mengatakan, warga patut bersyukur sejak Indonesia merdeka baru saat ini wilayah pantai Labuhanbatu bisa terhubungkan dengan jalan darat.
“Alhamdulillah,  sejak kepemimpinan Bupati Tigor Panusunan Siregar dan Wakil Bupati Suhari Pane harapan warga pantai yang mendambakan jalan yang baik  kini terpenuhi. Yakinlah Bapak ibu apabila kita pandai bersyukur Allah pasti akan menambahnya,” kata Gatot, seraya mengutip  sepenggal ayat dalam Alqur’an.

Lebih lanjut dikatakannya,  syukur yang  yang tunjukkan itu haruslah dibarengi dengan tindakan nyata, yakni dengan merawat jalan yang baru  resmikan tersebut.Sehingga dia minta warga harus bergotong royong misalnya sekali dua seminggu jika kondisi paritnya kotor. “Apabila paritnya bagus, maka jalan kita ini akan bertahan lama,” ujar Gatot.

Dikatakannya, bahwa pembangunan yang dilakukan pemerintah China telah menjadikan negara itu menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia.  Maka itu apa yang dilakukan oleh Negara China sama dengan apa yang dilakukan oleh Bupati Tigor, yakni dengan membangun jalan dan membuka daerah terisolir.
“Apabila jalan bagus, maka tingkat perekonomian masyarakat akan meningkat. Apabila perekonomian meningkat, maka sudah pasti kesejahteraan akan meningkat pula,” ungkapnya lagi.

Pada bagian lain Gatot mengatakan,  sebelumnya sekitar 1000 anak yang dilantik menjadi dokter kecil yang memiliki cita-cita yang cukup tinggi, seperti menjadi dokter dan gubernur.  Maka sebagai orang tua harus membangun mimpi mereka agar menjadi orang besar.
Selain itu Gatot mengungkapkan,  biarlah menjadi nelayan asalkan anak-anak para nelayan itu  menjadi menteri perikanan dan kelautan. Begitu juga  biarlah  menjadi petani asalkan anak-anaknya  menjadi menteri pertanian.

“Biarlah kita menjadi pedagang kecil asalkan anak kita menjadi menteri perdagangan,”tegasnya.
Sementara itu, Bupati Tigor Panusunan Siregar  mengucapkan  terima kasihnya kepada Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho ST atas kehadirannya meresmikan jalan Sei Rakyat – Sei Berombang tersebut.
“Warga disini sangat bangga dengan bapak karena, sejak Indonesia merdeka baru dua kali ini Gubsu datang ke daerah ini, yakni dimana Gubsu EWP Tambunan sekitar 30 tahun yang lalu dan hari ini. Kedatangan bapak  tentunya memberi kesan tersendiri bagi kami disini,” ujar Tigor.

Lebih lanjut Tigor mengatakan, sekitar 2,5 tahun yang lalu dirinya bersama Suhari pada saat kampanye Pilkada Bupati dan Wakil Bupati lalu berjanji  akan memperbaiki kualitas jalan dari Sei Rakyat – Sei Berombang yang saat itu kondisinya sangat buruk dan tidak bisa dilalui kenderaan. Begitu terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati hal pertama yang mereka  lakukan adalah meningkatkan kualitas jalan tersebut. Dan saat ini sudah jalan yang baru selesai pengerasan itu sudah dapat dilalui selama 24 jam tanpa hambatan.
“Saat ini focus perhatian kami adalah bagaimana meningkatkan tarap hidup nelayan dan keluarganya di daerah pantai ini. Berbagai program telah kita lakukan,” kata Tigor,

Dia menegaskan,  telah memberikan pemberian bantuan kapal penangkap ikan, bantuan modal bagi keluarga nelayan, bantuan pengolah pakan ternak, bantuan bebek, dan lain-lain. Semuanya bantuan itu bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga di daerah pantai ini khususnya warga nelayan.
Ketua panitia penyelenggaran yang juga Asisten Ekbang dan Kesos Setdakab Labuahnbatu  Burhanuddin  mengatakan, sumber dana pengerasan jalan tersebut berasal dari APBD Kabupaten Labuhanbatu TA 2011 dan 2012 dengan total biaya sebesar Rp 45 milyar.

Serahkan Bantuan

Ditambahkannya, bahwa pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan bantuan 100 unit komputer kepada kepala desa/kelurahan, penyerahan 10 ekor sapi local kepada kelompok tani, penyerahan 6000 eksemplar buku dan rak buku kepada perpustakaan desa.

Selain itu, pemkab juga menyerahkan kapal 5 GT dan 27 unit alat tangkap ikan kepada nelayan, penyerahan sarana penggaraman dan pengeringan ikan, penyerahan sarana pengolahan terasi, penyerahan 50 paket alat tangkap jarring senangin, penyerahan 763 ekor itik dan mesin pakan ternak dan penyerahan kunci bedah rumah yang dananya berasal dari partisipasi BUMN dan perusahaan swasta di Kabupaten Labuhanbatu.

Sementara itu tokoh masyarakat pantai, Jamaluddin tak bisa menyembunyikan rasa harunya atas kedatangan orang nomor satu di Provinsi Sumut ini. Sambil menitikkan air mata dia mengatakan, sejak Indonesia merdeka baru kali ini mobil  bisa sampai ke Sei Berombang. Sebab selama ini kenderaan darat tidak bisa dilalui Karena akses jalan yang tidak ada.

“Tidak banyak kami memohon disini pak, kami hampir masyarakat yang hadir lebih kurang 6000 sengaja datang untuk menyaksikan pak gubernur dan pak bupati. dan kami tidak banyak memohon bahwa jalan yang diresmikan yang tak pernah kami rasakan nikmatnya sejak beberapa pulun tahun indonesia merdeka pada saat ini kami bisa rasakan dan mobil bisa masuk, kami mohon kiranya kepada bapak dapat pula mengsapal betonnya,” Ujarnya sambil tak kuasa menahan haru.

Usai meresmikan Jalan, Plt Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST, Bupati Labuhanbatu Tigor Panusunan Siregar, Wakil Bupati Labuhanbatu Suhari Pane bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Labuhanbatu mengunjungi stand yang memamerkan alat penggilingan padi mini, alat pemeras santan , alat penggilingan kedelai  dan lainya.
 
Plt Gubsu yang juga didampingi Kadis Perkebunan Provsu Aspan Sofian Batubara, Kadis Pertanian Provsu Muhammad Roem dan Kadis Pu Provsu Effendi Pohan dan staf Ahli Gubernur Sumut bidang Pandidikan Fitrius tak lupa menyalami seluruh warga yang hadir mulai orang tua, anak muda dan anak-anak yang begitu antusias berdesakan ingin bertatap muka langsung dengan Gubernur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar