Senin, 17 Desember 2012

MANDAILING DUKUNG GANTENG

Masyarakat Mandailing Dukung Ganteng Pimpin Sumut

http://gatotpujonugroho.com/masyarakat-mandailing-dukung-ganteng-pimpin-sumut/

  December 16, 2012 
MEDAN - Masyarakat Mandailing di Medan dan sekitarnya, mendukung H Gatot Pujo Nugroho ST bersama Ir HT Erry Nuradi MSi memimpin Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Dari pengalaman, kemampuan dan pengamatan selama ini, kedua figur ini disimpulkan layak dan pantas mengomandoi pemerintahan Sumut.
Dukungan itu mengemuka dari para tokoh masyarakat Mandailing yang tergabung dalam wadah Yayasan Sopo Mandailing pada acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Sopo Godang Mandailing di Jalan Williem Iskandar/Jalan Pratun Medan Estate, Minggu (16/12). Dukungan itu antara lain ditunjukkan dengan didaulatnya Gatot meletakkan batu pertama pembangunan sopo godang itu, penandatanganan prasasti dan pemberian ulos kebesaran adat Mandailing kepada Gatot hingga Gatot didoakan kembali memimpin Sumut.
Uniknya, serba lima merujuk nomor urut pasangan Ganteng di Pilgubsu 2013 ini, kental ditunjukkan, antara lain pemasangan lima batu menandai peletakan batu pertama, pemberian lima ulos kepada Gatot dan Gatot menekankan lima hal atas rencana pembangunan Sopo Godang Mandailing itu.
Raja Pargordang yang memimpin acara manortor saat pemberian lima ulos itu, tidak henti-hentinya menyebutkan dukungan kepada Gatot. Kemudian salah seorang tokoh masyarakat Mandailing dalam doa mengakhiri rangkaian peletakan batu pertama itu, juga memohon agar Allah SWT memudahkan perjuangan Gatot Pujo Nugroho – T Erry Nuradi terpilih memimpin Sumut ke depan.
Dukungan terhadap Gatot tersebut tidaklah berlebihan. Pasalnya Gatot tidak asing lagi bagi masyarakat Mandailing karena Gatot sudah bermarga Lubis dengan gelar Mangaraja Gomgom Nagori Nauli. Gatot sendiri juga mengaku sudah menjadi bagian dari masyarakat Mandailing, yang antara lain ditunjukkannya dengan telah menyempatkan diri ziarah ke salah satu makam leluhur Mandailing, yakni ke Leluhur Marga Lubis, Namora Pande Bosi.
Hadir di acara itu para tokoh Mandailing dan ratusan warga Mandailing dari Medan dan sekitarnya, antara lain Prof H Tamanah Lubis yang juga Ketua Himpunan Keluarga Besar Mandailing (HIKMA) Sumut, Ketua Panitia Pembangunan Sopo Godang Prof H M Yamin Lubis, Wakil Ketua H Ibrahim Lubis, Sekretaris Ali Musa Parinduri, Bendahara Hasanuddin Lubis.
Suara dukungan yang bergema di acara itu, menurut Gatot menjawab wartawan, adalah wajar dalam menyongsong pesta demokrasi. Dukungan tersebut menurutnya semakin menyemarakkan pesta demokrasi dan menyemangati dirinya bersama Erry Nuradi untuk memenangkan Pilgubsu 2013.
Bantuan
Sebelumnya Plt Gubsu ini menyatakan dukungannya agar Sopo Godang itu berdiri kelak untuk menjadi pemersatu masyarakat Mandailing di Medan melalui ragam kegiatan pelestarian adat dan budaya Mandailing. Dukungan itu ditunjukkan dengan rencana pengalokasian bantuan pembangunannya dari APBD Sumut 2013.
Gatot menekankan lima hal atas Sopo Godang itu, antara lain sebagai andang undung, sinirang borngin, partongoan, sandean gordang sambilan. “Artinya bahwa Sopo Godang ini harus kembali mengingatkan kita akan nilai-nilai sejarah dari Mandailing itu sendiri, dengan demikian kita semakin mencintai adat dan budaya Mandailing,” katanya.
Ketua Panitia Pembangunan Sopo Godang Prof H M Yamin Lubis menyampaikan apresiasinya kepada Gatot yang turut mendukung rencana pembangunan sopo godang tersebut. “Perhatian Pak Gatot ini menunjukkan beliau sebagai pemerintah yang peduli terhadap warganya dan menunjukkan bahwa beliau bagian dari warga Mandailing,” katanya.
Dijelaskan, bangunan yang menempati tanah hasil hibah Pemprovsu seluas ini, akan dibangun dua tingkat dengan biaya sekitar Rp 9,9 miliar. Pembangunannya direncanakan dimulai awal tahun. “Peletakan batu pertama pembangunan Sopo Godang Mandailing di Medan akan dijadikan momentum untuk merekat persaudaraan dan kekeluargaan masyarakat Mandailing,” ujarnya.(*)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar