Kamis, 20 Desember 2012

PENGHARGAAN UNTUK GATOT

Jumat 21 Desember 2012 
Puncak Dies Natalis USU ke-60
USU Beri Penghargaan kepada Gatot




http://www.dnaberita.com/berita-80184-usu-beri-penghargaan-kepada-gatot.html

dnaberita/rohimsamsuri

MEDAN | DNA - Universitas Sumatera Utara memberikan penghargaan kepada Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, sebagai salah satu kepala daerah yang telah banyak memberikan perhatian atas kemajuan yang dicapai perguruan tinggi itu selama ini. Penghargaan tersebut diberikan Rektor USU Prof Syahril Pasaribu pada acara puncak Dies natalis ke-60 USU, di Auditorium USU.

Selain Gatot, penghargaan juga diberikan kepada mantan-mantan Gubernur Sumut lainnya yang dinilai sangat berperan pada pencapaian yang telah diraih USU  selama ini.   Penghargaan juga diberikan kepada pendiri dan mantan rektor USU, para donator dan dosen luar biasa.

 Dalam kesempatan itu Gatot mengatakan keberadaan USU tidak bisa dipisahkan dari pemerintah daerah. Pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk terus memberdayakan USU dan demikian juga sebaliknya USU harus terus membantu Pemprov Sumut dalam menjalankan roda pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan.

Memasuki usia yang ke-60, sudah selayaknya dijadikan sebagai momentum untuk introspeksi dalam mengayunkan langkah ke depan. "Dengan keberhasilan yang telah dicapai selama ini, besar harapan kita semua agar USU dapat lebih  mengembangkan diri pada masa-masa mendatang. Baik di bidang  keilmuan maupun dalam bidang sosial, kemajuanyang telah dicapai tersebut harus bisa didedikasikan untuk kemaslahatan umat," katanya.

Meski telah mencapai berbagai kemajuan, civitas akademika USU diharapkan tidak cepat merasa puas, mengingat tantangan ke depan tentunya akan semakin besar. Apalagi USU sebagai PTN pertama di luar Jawa telah mengubah status menjadi PTN-BH, dan ini tentunya menjadikan seluruh civitas akademika termasuk alumni USU  memiliki tanggung jawab lebih besar bagi kemajuan USU.

Pihaknya berharap USU tetap mengedepankan misinya dalam membantu berbagai lapisan masyarakat untuk dapat mengenyam penddikan tinggi. Oleh sebab itu meski USU telah memiliki wewenang mengurus dirinya sendiri terutama bidang keuangan dan sumber pendapatan, namun dalam menerapkan biaya perkuliahan hendaklah tetap dapat dijangkau masyarakat.

Harapan lainnya juga disampaikan Gatot kepada civitas akademika USU, terutama dalam hal peningkatan kualitas agar dapat lebih ditingkatkan guna memenuhi kebutuhan pasar sebagai pemakai lulusan perguruan tinggi.

Sementara Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Prof Djoko Santoso mengatakan dewasa ini jumlah mahasiswa  USU telah mencapai lebih dari 48 ribu. Jumlah ini dinilai suatu potensi karena tidak semua PTN di Indonesia yang memiliki mahasiswa sebanyak itu.

Dengan jumlah mahasiswa yang cukup besar itu USU, diharapkan dapat melahirkan karya-karya yang lebih besar lagi, bukan hanya dalam hal ilmu pengetahuan, namun juga menghasilkan lulusan yang siap pakai dan mampu mengisi pembangunan. "USU harus terus meningkatkan karya-karya dalam ilmu pengetahuan, karena kalau dibandingkan dibandingkan dengan negara lain kita masih belum dapat berbicara banyak. Namun dengan kerja keras yang akan kita lakukan bersama, kita yakin itu dapat kita capai," katanya.

Sementara Rektor USU Prof Syahril Pasaribu menjelaskan hingga tahun akademik 2012/2013, USU mengelola 14 fakultas, termasuk yang baru yakni Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, mengelola Program Pendidikan Diploma yakni Diploma III dan Diploma UV dan untuk program Pascasarjana USU memiliki satu sekolah pascasarjana.

Dari seluruh bidang ilmu yang diasuh pada fakultas dan sekolah pascasarja untuk jenjang pendidikan Diploma, sarjana, profesi dan pascasarjana, USU menyelenggarakan 15 program diploma III dan satu Diploma IV, 47 program studi sarjana S-1, enam program pendidikan profesi, 38 program magister, 22 program Doktor dan 22 program pendidikan spesialis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar