Jumat, 23 November 2012

Gubernur Minta Dunia Industri Rangkul Siswa SMK

http://www.antarasumut.com/gubernur-minta-dunia-industri-rangkul-siswa-smk


Medan,  (ANTARA) – Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho meminta kalangan industri dan usahawan yang ada di daerah itu untuk melakukan mitra binaan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

“Dengan adanya mitra binaan terhadap SMK, diharapkan akan terciptanya simbiosis mutualisme atau saling membutuhkan antara perusahaan industri dengan para siswa lulusan SMK,” katanya usai membuka Lomba Teknologi Inovasi dan Seni Siswa SMK Sumut, di Medan Selasa.
Ia mengatakan, dewasa ini masalah kualitas atau mutu pendidikan telah lama menjadi bahan perbincangan bagi kalangan dunia industri, karena masih banyak yang mengeluhkan mutu tamatan sekolah yang tidak sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

“Jadi dengan melakukan binaan maka akan tercipta sebuah simbiosis mutualisme, dimana satu sisi perusahaan industri akan memperoleh tenaga kerja berkualitas dan pada sisi lainnya sekolah maupun siswa SMK akan termotivasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” katanya.

Menurut dia, masalah efisiensi dan relevansi dunia pendidikan dengan dunia kerja berdampak langsung pada kualitas pendidikan.
Pendidikan dapat dikatakan bermutu atau berkualitas bila keluaran institusi pendidikan dapat terserap oleh dunia kerja khususnya dunia industri. Apalagi saat ini pemerintah pusat dan daerah menyadari pentingnya pendidikan yang bermutu bagi bangsa.

Untuk itu perhatian pemerintah tertuju kepada SMK yang diharapkan mampu menghasilkan calon- calon tenaga kerja yang siap diserap dunia usaha dan dunia industri.
Untuk mencapai hal itu, pihaknya terus melakukan upaya perbaikan kualitas pendidikan, baik pengelolaan proses belajar mengajar tingkat mikro maupun lembaga pendidikan guru yang mempersiapkan guru dan tenaga kependidikan yang juga disesuaikan dengan standarisasi dunia industri.
 
“Pemprov Sumut juga mengalokasikan anggaran khusus hingga ke desa-desa dengan harapan agar permasalahan-permasalahan pada setiap jenjang pendidikan dapat diminimalkan sehingga mampu menghasilkan lulusan yang siap pakai oleh dunia usaha dan dunia industri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar