Rabu, 28 November 2012

KESEHATAN CAGUB-CAWAGUB

http://www.harianorbit.com/cagub-cawagub-sumut-harus-sehat-fisik-mental/

Kamis, 29 November 2012

Cagub-Cawagub Sumut Harus Sehat Fisik & Mental

Medan-ORBIT: Komisi Pemilihan Umum Daerah Sumatera Utara (KPUD Sumut) secara resmi telah menerima hasil pemeriksaan kesehatan kelima pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Calon wakil gubernur (Cawagub) Sumut yang dilakukan tim dokter RSU Pusat H Adam Malik Medan.
Menanggapi hal itu, Direktur LBH Kesehatan Alwindo Medan Sobambolowo,SH mengatakan, setelah diserahkanya hasil pemeriksaan kesehatan semua kandidat Cagub- Cawagub Sumut oleh IDI cabang Sumut diimbau KPUD Sumut segera mengumumkan hal itu kepada masyarakat.
Menurut Alwindo, Cagub-Cawagu Sumut yang ikut dalam Pemilukada Sumut haruslah memilki kesehatan fisik dan mental yang baik. Alasannya, calon pemimpin nantinya harus sehat untuk menjalankan tugas-tugasnya dengan baik.
Apalagi kata Alwindo, mengingat wilayah Provinsi Sumut yang begitu luas, seorang Gubernur dituntut  memiliki kesehatan fisik yang prima dalam mengemban amanah rakyat.
“Kesehatan fisik harus baik. Makanya, jika tidak layak kesehatannya KPUD Sumut harus terbuka kepada masyarakat ,” Alwalindo.
Selain itu, KPUD Sumut juga harus memperhatikan kesehatan mental semua pasangan calon. Jangan sampai nantinya, masyarakat Sumut diibaratkan membeli kucing dalam karung.
                        
Dilengkapi
Untuk itu, dokter tim pemeriksa kesehatan harus berani memberikan hasil pemeriksaan tersebut kepada KPUD Sumut.
“Di sinilah peran penting tim dokter pemeriksaan kesehatan menyampaikanya pada KPUD,” tegasnya.
Sementara itu, anggota KPUD Sumut Turunan B Gulo mengatakan, KPUD Sumut telah melaksanakan verifikasi terhadap kelengkapan administrasi dan faktual para Parpol pendukung Cagubsu dan Cawagubsu dan hasil verifikasi tersebut telah disampaikan kepada Parpol
“Hari Sabtu kemarin sudah kami sampaikan,” jelas Turunan B Gulo.
Adapun hasil verifikasi administrasi dan faktual yang disampaikan KPUD Sumut antara lain mengenai surat dukungan Parpol, legalitas ijazah para calon, kepailitan dan termasuk di dalamnya mengenai kesehatan para Cagub dan Cawagubsu.
Hasil verfikasi administrasi dan faktual yang disampaikan KPUD Sumut kepada para Parpol pendukung Cagubsu dan Cawagubsu diharap agar dapat dilengkapi jika memang belum lengkap sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan KPUD Sumut.
“Nanti di bulan Desember kita akan umumkan hasil verfikasinya,” janji Turunan B Gulo. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar