Selasa, 20 November 2012

PEMIMPIN PRIMA

 

Gatot: Sumut Butuh Pemimpin Prima


MEDAN- Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, H Gatot Pujo Nugroho, ST dan Tengku Erry Nuradi mengikuti pemeriksaan kesehatan yang dijadwalkan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (17/11) di Rumah Sakit Haji Adam Malik Medan. Demikian lengkapnya pemeriksaan kesehatan fisik yang harus dijalanani para bakal calon dinilai Gatot wajar, karena Sumut membutuhkan pemimpin dengan performa yang prima.

      Gatot menilai pemeriksaan kesehatan lengkap yang berlangsung sekitar enam jam memang sudah sewajarnya sesuai ketentuan yang ada. “Pemeriksaan yang kami jalani ini sangat lengkap banyak sekali tes yang kami jalani. Tadi kepada bakal calon lainnya, saya sambil bercanda mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan yang kita jalani ini sepertinya hampir menyamai kualifikasi presiden,” kata Gatot menjawab wartawan di sela jadwal pemeriksaan.

        Meski demikian, Gatot menegaskan bahwa pemeriksaan kesehatan yang disyaratkan dalam tahapan pencalonan memang sudah seharusnya dilakukan untuk menjamin kualitas pmimpin masa depan. Karena, kata Gatot, pemimpin yang baik harus memiliki performa prima, sehat jasmani dan rohani. ” Sumut  tentunya butuh pemimpin yang prima,” tegas Gatot.

          Sosok pemimpin yang prima menurutnya diperlukan untuk menjalankan tugas-tugas yang cukup berat yang mengandalkan tidak hanya kekuatan fisik, juga kejernihan berfikir. terlebih lagi, kondisi gegografi Sumut yang luas dan tantangan persoalan yang beragam, juga menuntut kondisi fisik dan mental yang prima. Begitupun, Gatot menilai para bakal calon lainnya yang menjalani pemeriksaan besamanya terlihat cukup prima. ” Sampai saat ini semua bakal calon terlihat prima,” kata Gatot sambil tersenyum.

       Pemeriksaan kesehatan kemarin dilakukan khusus pemeriksaan fisik (jasmani), sedangkan Minggu pemeriksaan dilanjutkan dengan agenda pemeriksaan kesehatan jiwa. Gatot dan Erry tiba di lokasi sekitar pukul 7.30 wib, terlihat fit dan kompak dengan stelan pakaian olahraga yang senada. Bersama bakal pasangan calon yang lain yaitu Effendi Simbolon-Jumiran Abdi, Chairuman-Fadli Nursal dan Gus Irawan-Soekirman serta RE Nainggolan, semuanya berkumpul di ruang direktur RS HAM menunggu calon lain yang belum tiba. Selama di ruang transit ini, para bakol calon mengisi waktu dengan senda gurau dalam suasana akrab dan ceria.

        Seluruh pasangan, tanpa Amri Tambunan, sekityar pukul 08.00wib menuju Unit Medical Checkup RSU HAM didampingi tim pemeriksaan kesehatan dan petugas keamanan. Para bakal calon kemudian menunggu di ruang VIP untuk menerima penjelasan mengenai protokol pemeriksaan oleh Tim pemeriksa kesehatan dan selanjutnya menandatangani formulr persetujuan bahwa hasil pemeriksaan kesehatan tersebut akan disampaikan kepada KPU Sumut.

      Kesembilannya kemudian dipersilahkan mengganti pakaian, dan pemeriksaan dimulai dengan pengambilan sampel darah dalam keadaan puasa. Pemeriksaan USG abdominal (dalam keadaan lambung kosong dan kantung kemih penuh), dan pengambilan sampel air seni .
Sekitar pukul 09.00 wib, Amri Tambunan terlihat  tiba di unit Medical Check -Up. Kedatangan Amri mendapat perhatian dari puluhan awak media yang menanyakan alasan keterlambatan. Sapaan pertanyaan para jurnalis dijawab senyum oleh Bupati Deli Serdang ini.

          Sekitar pukul 10.00 wib para bakal calon kemudian dipersilahkan sarapan pagi dan dilanjutkan dengan pemeriksaan elektro kardiografi dan treadmill test, ekokardiografi, foto rontgen thoraks, spirometri, dan pemeriksaan jasmani secara simultan. Pukul 12 kembali dilakukan pengambilan sampel darah kedua yaitu 2 jam setelah setelah makan dan selanjutnya pemeriksaan jasmani masih dilakukan hingga usai.

       Pemeriksaan kesehatan akan dilnjutkan pada Minggu, 18 November 2012, dengan agenda pemeriksaan psikiatrik diantaranya MMPI, minnesota multiphasic personality inventory selama 90 menit dan wawancara psikiatrik 60 menit. Pemeriksaan selesai, dan tim dokter akan memberitahukan Calon akan diberitahu apa bila ada kebutuhan pemeriksaana lanjutan apabila tim pemeriksa merasa membutuhkannya

         Ketua IDI Sumut yang menjabat sebagai Ketua Tim Pemeriksaan, Dr henry Salim Siregar Sp Og menjelaskan bahwa IDI mendapat amanah dari KPU untuk menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan para bakal calon Gubsu dannWagubsu. Atas dasar itu, Henry menjelaskan bahwa pihaknya kemudian menyerahkan penyelenggaraannya ke RS HAM. Direktur RS HAM, DR Azwan Hakmi Lubis, sp.A, M.Kes menjelaskan untuk mendukung kelancaran proses pemeriksaan, sebanyak dokter 30 orang dari berbagai spesialisasi disiapkan.
 
           Anggota KPU Turunan B Gulo yang hadir bersama Ketua KPU Irham Buana menjelaskan bahwa pemeriksaan kesehatan dimaksudkan untuk mengetahui apakah calon yang akan bertarung pada pilgub tahun 2013 mampu atau tidak mampu untuk jalani tugas dan kewenangan sebagai gubernur. ” Jadi memungkinnkan mereka  mengidap satu dua penyakit, tapi harus dinyatakan mampu oleh tim kesehatan,” kata Gulo. Hasil pemeriksaan akan dsampaikan sebelum tanggal 24, yaitu jadwal penyampaian kepada balon hasil pemeriksaan kesehatan bersamaan denhan hasil verifikasi dokumen lainnya. Kalau tidak mampu atau tidak lolos tes kesehatan, kata Gulo, maka masih ada kesempatan bagi parpol untuk mengganti calonnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar