Kamis, 22 November 2012

Medan, (Analisa). Media Survey Nasional (Median) merilis hasil survey terbaru terkait Pilgubsu.
Hasilnya, popularitas dan elektabilitas pasangan Gatot Pujo Nugroho-HT Erry Nuradi, sudah jauh meninggalkan empat pasangan calon lainnya. Untuk popularitas, pasangan ini meraih 76,5%. Sedang elektabilitasnya 31,2%.

Hal lain yang menark adalah hasil survey yang dilakukan 17-19 November lalu itu adalah, posisi pasangan Amri Tambunan-RE Nainggolan dan Gus Irawan Pasaribu-Soekirman. Kedua pasangan ini justru bersaing ketat berebut level kedua.

"Sedang di level ketiga, bersaing ketat antara Chairuman Harahap-Fadly Nurzal dan Effendy Simbolon-Jumiran Abdi," jelas Direktur Riset Median, Sudarto saat mengumumkan hasil survey Median itu kepada wartawan, di Hotel Santika Medan, Kamis (22/11).

Sebenarnya, lanjut Rusdianto, kalau dilihat dari angka persentase hasil survey, popularitas dan elektabilitas pasangan Amri-RE Nainggolan lebih unggul dari Gus-Soekirman. Sebab Amri-RE meraih 54,4%, sedang Gus-Soekirman 52,9%. Artinya, ada selisih angka yang sangat tipis, yakni 1,3%.

Tapi, dalam membaca hasil survey, menurut Sudarto, tipisnya selisih angka tersebut tidak dapat dikatakan bahwa yang meraih angka lebih tinggi itu menjadi yang lebih populer atau lebih punya elektabilitas. Ini karena selisih angkanya hanya 1,3%, yakni masih di bawah margin off error 2,5%. Karenanya, dengan selisih angka yang tipis itu, pasangan Amri-RE dan Gus-Soekirman masih satu level. Kecuali selisihnya sudah terpaut jauh," jelas Sudarto.

Sejalan dengan itu, lanjut Sudarto, andai Pilgubsu digelar saat ini, maka pasangan Gatot Pujo Nugroho-Fadly Nurzal akan meraih kemenangan. "Namun, dinamika politik masih sangat tinggi, sehingga masih mungkin mengubah posisi sekarang," tegas Sudarto.

1 komentar: