Minggu, 20 Januari 2013

BINJAI JADI KOTA BUAH

http://gatotpujonugroho.com/plt-gubsu-dukung-binjai-jadi-kota-buah/

Plt Gubsu Dukung Binjai Jadi Kota Buah

January 20, 2013
Plt Gubsu Dukung Binjai Jadi Kota Buah
BINJAI - Pelaksana tugas Gubernur Sumatera Utara (Plt Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho ST memberikan apresiasi dan dukungan agar kota Binjai untuk menjadi Kota Buah. Untuk meraih mimpi tersebut pihaknya menghimbau warga dan petani di kota ini terus meningkatkan dan menata pertanian buah mereka.
Harapan dan optimisme itu diungkapkan Plt Gubernur Sumatera Utara saat mengunjungi lokasi pembibitan dan penangkaran Jambu Madu dan berbagai jenis buah unggul lain di Desa Sei Remba, Kelurahan Paya Loba, Kecamatan Binjai Barat, Sabtu (19/1). Dalam kunjungan ini, selain memotivasi para petani, Gatot juga menyalurkan bantuan bibit kepada petani buah.
Hadir dalam pertemuan itu, Wakil Walikota Binjai Timbas Tarigan, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumut Muhammad Roem, Kepala Satpol Provinsi Sumut Zulkifli Taufik, Sekretaris Dinas Pertanian Kota Binjai Usnul Yaqin Camat Binjai Barat dan seluruh kelompok tani yang hadir.
Plt Gubsu juga memberikan dorongan kepada para petani buah terus berkontribusi membangun bangsa dan negara. Gatot mengapresiasi Kelompok Tani Pondok Mulia yang telah melakukan sejumlah inovasi di bidang pertanian. Mereka berhasil mengembangkan pertanian dengan memaksimalkan lahan sempit bahkan halaman rumah untuk bercocok tanam.
“Apa yang dilakukan Mas Nardi dalam membina Kelompok Tani Pondok Mulia ini bisa menjadi inspirasi bagi kelompok tani lain di Binjai. Sehingga kalau semua terus berbuat dan terus ditata dengan berbagai macam teknologi dalam mengembangbiakkan tanaman hortikultura maka mimpi kita untuk menjadikan kota Binjai menjadi kota buah akan tercapai, ” kata Gatot dihadapan kelompot tani yang hadir .
Sekretaris Dinas Pertanian Kota Binjai Usnul Yaqin mengatakan kedepan kota Binjai yang selama ini sudah dikenal sebagai Kota Rambutan berpeluang menghasilkan berbagai macam buah seperti durian. mangga dan lainya. “Saat ini Buah Jambu Madu Deli Hijau dan Jambu Kesuma Merah  dalam proses akan dilepas varietasnya menjadi salah satu komoditi unggulan nasional,” ujarnya.
Menurut Usnul Yaqin, jambu madu memiliki sejumlah keunggulan, diantaranya bisa berbuah sepanjang tahun tanpa kenal musim.Mereka juga tengah mengembangkan buah manggis varietas unggul yang mereka beri nama manggis idaman yang juga bisa berbuah sepanjang tahun.
“Jambu air ini kita harap berbuah sepanjang  tahun tanpa musim, manggis juga kita usulkan segera kita lepas varietasnya dengan nama Manggis Idaman. Dengan sejumlah temuan ini, Binjai bisa segera menjadi kota buah,” harapnya.
Rahmat Budiman Ketua kelompok Tani Pondok Bengkel Hijau Nursery, Binjai Barat menuturkan, pembibitan dan penangkaran tanaman sektor holtikultura yang ada di daerah tersebut terdapat satu blok seluas 4.000 meter persegi. Saat ini kelompok tani yang dipimpinnya sedang menggalakkan varietas jambu Madu Deli Hijau dan Jambu Kesuma Merah di samping tanaman lainya.
“Sudah tiga tahun kita kelola jambu ini. Sejauh ini konsumennya di samping masyarakat sekitar juga ada pihak swasta dan pemerintah yang menjadi konsumen,” ujarnya.
Suhardi selaku pembina Kelompok Tani Pondok Mulia berterima kasih atas kehadiran Plt Gubsu untuk melihat langusung pembibitan jambu madu yang dikelolanya. Jambu Madu Deli, lanjutnya termasuk jenis jambu yang paling unggul pada saat ini, selain mudah dalam perawatan, dan produksi buah yang tinggi, jambu ini juga mempunyai nilai jual tinggi.
“Budidaya Jambu Madu Deli bisa dilakukan dengan sistem Tabulampot. Tidak memerlukan lahan yang luas, cukup memanfaatkan lahan pekarangan sekitar rumah, kita sudah dapat membuat kebun Jambu Madu Deli. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam sistem tabulampot ini,ada beberapa tahap yang harus kita perhatikan seperti, pemilihan bibit,   media tanam yang sesuai, wadah, perawatan dan pasca panen,” katanya sambil menunjukkan beberapa jambu yang siap panen kepada Plt Gubsu dan sejumlah pejabat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar