Senin, 07 Januari 2013

PEMBUKAAN PESTA DANAU TOBA

http://gatotpujonugroho.com/gatot-pdt-2013-harus-lebih-baik-dan-profesional/

Gatot: PDT 2013 Harus Lebih Baik dan Profesional

December 31, 2012
PARAPAT -  Plt Gubernur Sumatera Utara, H Gatot Pujo Nugroho membuka secara resmi Pesta Danau Toba (PDT) 2012. Pembukaan yang dipusatkan  di Kelurahan Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Simalungun, Jumat (28/12)  diharapkan jadi momentum kebangkitan sektor pariwisata Sumatera Utara. Tak hanya itu, untuk PDT 2013 Gatot berpesan agar dikemas lebih baik dan professional agar promosi bisa dilakukan secara maksimal.

Hadir dalam pembukaan PDT diantaranya Kapoldasu Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro, Pangdam I/BB Mayjend Lodewijk F Paulus , Pangkosek Hanudnas III Kolonel Sungkono, anggota DPD RI Parlindungan Purba, anggota DPR RI Edison Sitanggang, Bupati Simalungun JR Saragih, Bupati Samosir Mangindar Simbolon, serta Wakil Bupati Humbahas.
Pembukaan PDT 2012 ini diikuti beragam pagelaran seni budaya dan olahraga. Seperti festival gondang dari beragam etnis di Sumut, parade mobil hias, dan atraksi budaya.  Dan hal paling unik, untuk pertama kalinya, pembukaan PDT diwarnai pembacaan doa oleh lima pemuka agama  yang ada di Sumatera Utara.

Kemeriahan terasa saat pembukaan PDT 2012, sebab event ini diadakan saat libur akhir tahun dan liburan sekolah. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berharap, kemeriahan ini menjadi momentum untuk menggali sekaligus memasyarakatkan kembali seni budaya tradisional, legenda maupun upacara-upacara adat klasik yang dimiliki etnis di Sumut, yang dewasa ini mulai tidak populer.

Dalam sambutannya, Gatot Pujo Nugroho menyampaikan, masyarakat Sumut patut bangga  karena PDT masih begitu populer bahkan ke mancanegara. Dalam pesta yang digelar 28-31 Desember ini Pemkab Simalungun bertindak sebagai tuan rumah.
“Saya harapkan Pesta Danau Toba 2012 menjadi ikon pariwisata nasional. Untuk menarik wisatawan berkunjung ke Sumatera Utara,” kata Gatot yang terus mempromosikan Danau Toba di berbagai kesempatan.

Promosi terakhir adalah saat bertemu Duta Besar China Liu Jianchao di  Gubernuran, JL Sudirman, Medan. Liu Jianchao berniat merayakan ulang tahun pernikahan peraknya di Danau Toba.
“Padahal sebelumnya Dubes China berniat ke Bali, tapi setelah berkunjung ke Sumut dan mengetahui sejarah Danau Toba, maka ulang tahun peraknya akan dirayakan di Danau Toba,” katanya disambut tepuk tangan pengunjung Danau Toba.

Gatot menambahkan, untuk PDT 2013 bertindak sebagai tuan rumah Kabupaten Samosir.  Menurutnya, Sekda sudah menampung anggarannya dalam APBD 2013. Tak hanya itu, sesuai dengan rapat-rapat dan diskusi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), penyelenggaraan PDT  2013 akan dilaksanakan pada pertangahan tahun. Diperkirakan antara bulan Juni atau Juli, di saat libur panjang sekolah.
Karena sudah diketahui sejak saat ini, maka Gatot berharap pelaksanaan PDT 2013 harus lebih baik dan professional. Misalnya panitia harus sudah menyiapkan beragam agenda kegiatan yang akan digelar selama event ini digelar.

“Saya minta pelaksanaan PDT 2013, sudah bisa dibuat kalender kegiatan. Supaya kita bisa lebih maksimal melakukan promosi dan sosialisasi hingga mancanegara,” bebera Plt Gubsu.
Untuk pertama kalinya, PDT tahun ini melibatkan beberapa kabupaten kota di luar Danau Toba. Kabupaten/kota yang terlibat adalah  Sibolga, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, dan Asahan.

Bupati Simalungun, DR JR Saragih menyampaikan, pada tahun 2012 ini, PDT memiliki perbedaan dari tahun sebelumnya. Selain kegiatan seremonial dikreasikan menghadap ke Danau Toba,  mereka juga menyajikan berbagai atraksi  secara terbuka agar masyarakat bisa bebas menikmatinya.
Beragam perubahan dank arena digelar tepat dihari libur, menurut JR Saragih PDT sudah berhasil membuat tingkat hunian hotel dan penginapan terdongkrak signifikan.

“Sekarang kamar hotel penuh semuanya, sampai Bupati Samosir dan bupati lainnya kesulitan mencari kamar kemarin malam di Parapat,” JR Saragih berucap penuh percaya diri.
Sementara itu, Ketua Panitia PDT 2012, Ir JW Saragih menyatakan, sesuai peraturan daerah Pemprovsu tentang P-APBD 2012, anggaran PDT ditampung dalam bentuk hibah dan ditunjuk Pemkab Simalungun sebagai pelaksana PDT 2012.
 
Dalam PDT tahun ini, paparnya ada beragam kegiatan diantaranya konvoi motor tua dan becak bermotor membawa obor PDT dari Raya hingga Parapat, penampilan seni dan budaya, pemilihan putri pariwisata Danau Toba, penampilan artis lokal dan ibu kota, serta fashion show kombinasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar