Minggu, 20 Januari 2013

GATOT INGATKAN WARGA

http://gatotpujonugroho.com/gatot-ingatkan-warga-bantaran-sungai-waspadai-banjir/

Gatot Ingatkan Warga Bantaran Sungai Waspadai Banjir

  January 20, 2013
Gatot Ingatkan Warga Bantaran Sungai Waspadai Banjir

MEDAN - Plt Gubsu H Gatot Pujo Nugroho,ST mengunjungi kediaman warga Kampung Aur, Kecamatan Medan Maimun persis  di bantaran Sungai Deli, Medan, Jumat (18/1) malam. Kepada warga Gatot berpesan agar selalu waspada  akan  bahaya banjir karena bencana bisa datang kapan saja.

“Berkaca pada pengalaman Jakarta, kita sebaiknya mengambil pelajaran untuk lebih peduli lingkungan dengan tidak membuang sampah dan menata lingkungan” imbuh  Gatot kepada warga .  Gatot dalam kunjungan yang disambut riuh warga tampak mengelilingi pemukiman padat penduduk tersebut.

Gatot kemudian banyak berdialog dengan warga mengenai pengalaman terhadap bencana banjir. “Tiap tahun kami pasti mengalami banjir pak, biasanya akhir tahun atau awal tahun” ujar Budi Bahar salah satu tokoh masyarakat setempat. Gatot kemudian menginstruksikan Kepala Dinas Pengairan yang baru saja dilantik untuk melakukan pemetaan terhadap kondisi DAS Sei Deli.

“Sebenarnya sudah ada rencana program Pemko Medan untuk relokasi warga di rumah susun, namun  ada hambatan karena ini adalah tempat lahir sehingga mereka tidak tertarik pindah,” ujar Gatot.
Dengan dilakukan pemetaan, maka menurut Gatot dapat diketahui dan diterapkan pembagian kewenangan tugas.
Dia juga beranggapan bahwa masyarakat perlu disadarkan bahwa memang berbahaya tinggal terlalu dekat dengan sungai.
 
Gatot menilai  perlu dilakukan penataan lokasi dengan melibatkan masyarakat setempat. Disebutkannya areal bantaran sungai selain sebagai jalur hijau dimungkinkan digunakan  untuk aktivitas ekonomi warga semisal pusat wisata  kuliner dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar