Kamis, 27 Desember 2012

DORONGAN GATOT UNTUK TANJUNGBALAI

Gatot Dorong Tanjungbalai Jadi Bandar Ekonomi Modern

http://gatotpujonugroho.com/gatot-dorong-tanjungbalai-jadi-bandar-ekonomi-modern/

 December 27, 2012
TANJUNGBALAI – Pekan Promosi Kota Tanjungbalai dalam rangka hari jadi Kota Tanjung Balai ke-392 dimulai, Rabu  (26/12) malam di lapangan Sultan Abdul Djalil Rahmadsyah atau biasa dikenal oleh masyarakat Tanjungbalai dengan Lapangan Pasir. Pembukaan ditandai pemukulan beduk dan rebana oleh Pelaksana tugas gubernur Sumatera Utara (Plt Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho ST. Gatot pun mendorong Tanjungbalai menjadi bandar ekonomi  modern yang tak melupakan adat istiadatnya.

Dalam sambutannya, Plt Gubsu  mengajak seluruh warga di bawah kepemimpinan Walikota Kota Tanjungbalai Dr H Thamrin Munthe Mhum untuk bergerak bangkit dan maju menyongsong Tanjungbalai sebagai pusat pintu gerbang destinasi wisata di Sumut.
“Dengan posisi seperti ini mari kita ubah transformasi ekonomi dari pendekatan yang manual menuju pendekatan ilmu pengetahuan dan teknologi,” katanya.
Kota Tanjungbalai pernah menjadi bandar kota pariwisata itu harus dimulai dengan masyarakat yang mencintai ilmu pengetahuan dan teknologi.
“Siap-siaplah kota Tanjungbalai menjadi bandar yang besar karena memang Indonesia telah menyadari ke depan arah pembangunan kepada kelautan,” ujarnya.

Maka dari itu, Gatot mengajak seluruh komponen masyarakat di Tanjungbalai membangun kota tersebut dengan bekal iman dan taqwa serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena, dengan dua bekal ini Tanjungbalai akan tumbuh, maju dan berkembang pesat.  “Mari kita bangun Kota Tanjungbalai menjadi bandar maju tapi tak menghilangkan akar budaya,” harap Gatot.
Plt Gubsu juga bersyukur karena di tengah keberagaman yang ada di Kota Tanjungbalai, bisa menciptakan suasana kondusif hingga sekarang.”Keberagaman modal untuk membangun kota Tanjungbalai menjadi pintu gerbang, destinasi wisata danau toba,” ujarnya lagi.

Dengan digelarnya pekan promosi Kota Tanjungbalai ini, lanjut Plt Gubsu, diharapkan semua pihak baik yang berdomisili di Kota Tanjungbalai maupun yang datang dari daerah lain dapat lebih mengetahui berbagai kemajuan  di Kota Kerang tersebut. Pekan promosi hendaknya jadi wadah informasi bagi pemberdayaan potensi dan peluang ekonomi yang ada di daerah ini, sehingga kegiatan pekan promosi kota Tanjungbalai mampu mendorong partisipasi masyarakat di bidang pariwisata dan perekonomian serta mampu meningkatkan kesejahteran masyarakat.

Walikota Kota Tanjungbalai Thamrin Munthe menegaskan pekan promosi yang dikenal pesta kerang itu diramaikan kegiatan kegiatan budaya seni dan ekonomi masyarakat.”Ini perlu kita pahami tujuannya supaya seluruh masyarakat berperan aktif, apakah sebagai pelaku kegiatan maupun pendukung sekecil apapun yang hadir itu sangat berarti sehingga  dapat menata kebersamaan dan silaturahim ,” ujar Thamrin.

Kebersamaan dan silaturahim serta kasih sayang, lanjut Walikota harus terlihat dalam komunikasi keseharian yang membudaya dalam kehidupan. Walikota juga bersyukur karena selama ini di Kota Tanjungbalai tidak pernah terjadi konflik karena kotanya cukup aman dan kondusif .
Ketua panitia, Erwin Syahrul Pane melaporkan bahwa Pekan promosi dalam rangkan HUT Kota Tanjungbalai ke-392 atau lebih dikenal Pesta Kerang ini dibuka mulai 26 Desember 2012 dan berakhir 31 Desember 2012 sekaligus menyambut tahun baru 2013.

“Acara diisi dengan penampilan potensi daerah, kerajian daerah perlombaan kesenian budaya yang mencerminkan kebudayaan melayu dan kreatifitas para generasi muda Tanjungbalai,” katanya.
Peserta terdiri dari beberapa stand yakni SKPD ada 14 stand, muspida ada 6 stand, perusahaan, BUMD swasta dan perbankan ada 12 stand, industri kerajinan UKM dan usaha kuliner serta usaha mikro lebih kurang 70 stand.
 
Acara pembukaan pekan promosi juga dimeriahkan oleh tarian massal kreasi modern oleh siswa-siswi SMKN4 Kota Tanjugbalai, tarian nelayan oleh sanggar Dispora Budpar Tanjungbalai, hiburan orkes melayu oleh Jalidar AB dari tanah seberang Malaysia. Plt Gubsu juga melakukan peninjauan stand-stand yang ada yang turun mendampingi Walikota Tanjung Balai, Wakil Walikota Tanjungbalai, Ketua DPRD Tanjung Balai, Bupati Serdang Bedagai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar